Kamis, 02 Februari 2017

4 Tips Promosi Menurut Google Yang Efektif Di Bulan Ramadan


Sebagai negara yang mayoritas menganut agama islam terbersar di dunia, bulan Ramadan sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat di Indonesia. Dan hal itu tentunya harus diperhatikan buat anda yang ingin mempromosikan usaha atau meningkatatkan penjualan di bualan puasa.
Dan hal tersebut pun tak luput dari pengamatan mesin pencari dunia Google yang menangkapa perubahan siknifikan yang terjadi pada aktivitas masyarakat di indonesia saat di bulan Ramadan. Hal tersebut terrangkum dalam laporan yang dirilis pada tanggal 19 Mei 2016.

Berikut ini ada beberapa tips yang di berikan Google agar promosi yang anda lakukan dibulan Ramadan mendapatkan maksimal

1. Promo seminggu sebelum Ramadan


Menurut Google, masyarakat Indonesia mulai sering mencari konten yang berhubungan dengan Ramadan sejak seminggu sebelum Ramadan dimulai. Sehingga apabila anda ingin mempromosikan usaha anda untuk bulan Ramadan, sebaiknya anda memulainya satu minggu sebelum bulan puasa dimulai.
Dan begitu pula dengan pencarian konten Ramadan akan berahir seminggu setelah hari raya Idul Fitri. Jadi pastikan anda telah menghentikan promo yang berhubungan dengan Ramadan beberapa hari setelah lebaran.

2. Buat konten tentang ibadah puasa dan makanan


Ketika membuat konten khusus di bulan Ramadan, jangan lupa memasukkan elemen yang berhubungan dengan ibadah puasa, agar lebih mudah ditemukan.  Menurut pengamatan Google menyebutkan kalau pencarian terhadap keyword seperti “Amalan Ramadan” naik dua belas kali lipat, sedangkan keyword “Hal yang membatalkan puasa” naik sembilan kali lipat.
Tak hanya itu pencarian informasi tentang akanan juga mengalami kenaikan persentasi seperti halnya keyword “menu buka puasa”, “menu sahur” dan itu terjadi ketika di kurung waktu pukul 12.00 hingga 15.00.

3. Gunakan konten berupa video menjelang lebaran


Tak hanya menggunakan konten berupa teks atau gambar , kamu juga bisa membuat konten berupa video hiburan untuk mempromosikan sesuatu saat ramadan.
Tercatat pencarian video lewat mobile akan naik sebanyak tiga belas persen saat Ramadan dan mencapai puncaknya seminggu sebelum lebaran. Dan mayoritas pengguna akan menonton video hiburan di platform youtube pada saat sahur, disiang hari, dan setelah sholat tarawih.

4. Optimalkan promosi di perangkat mobile


Tentunya perangkat mobile seperti smartphone sudah bukan lah hal yang mahal lagi buat masyaraka Indonesia, sehingga hampir sebagian masyarakat menggunakan perangkat mobile. dan tentunya itu merupakan cara yang efektif dalam mengoptimalkan promosi kita.
Sebab tidak hanya untuk memperbaiki diri momen Ramadan juga banyak dimanfaatkan untuk berbelanja. Ada beberapa jenis barang yang mengalami lonjakan pencarian saat Ramadan yaitu pakaian, tiket transportasi, Smartphone, perangkat elektronik, pulsa telepon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar